Rabu, 10 Februari 2016

cara bermain gitar

Kali ini saya akan memberi tahu metode-metode bermain gitar


Metode 1 :Mempelajari Dasar-dasar


1.Mengidentifikasi bagian-bagian gitar. Apa pun jenis gitar yang akan Anda mainkan, baik gitar listrik atau gitar akustik, bahan dasarnya adalah kayu dan logam. Grip tembaga – untuk menghasilkan suara vibra. Body kayu untuk meresonansi suara untuk menciptakan nada saat kita memainkan gitar.


-Senar dipasang diantara kepala gitar (Headstock), di mana mereka ditempelkan pada bagian tuner yang bisa diputar untuk mengencangkan dan mengendurkan senar, dan bagian bridge, untuk menghubungkan senar dari kepala ke body gitar. Pada gitar akustik, senar tetap dipasang di bagian bridge dengan menggunakan sejenis pasak yang dapat dilepas, dan pada gitar listrik senar umumnya dikaitkan melalui lubang tanpa menggunakan pasak


-Bagian neck gitar adalah bagian kayu berbentuk panjang, datar di satu sisi (ini disebut jugafretboard) dan melengkung di sisi lain. Fretboard ini hias dengan logam atau fret untuk membentuk chord yang berbeda


-Sebuah gitar akustik akan memiliki lubang suarapada bagian body dimana suara akan beresonansi, sedangkan gitar listrik akan memiliki sebanyak tiga magnet atau pickup yang akan menyalurkan suara melalui amplifier.


2.Pegang gitar dengan benar. Sebelum Anda mulai bergaya seperti Hendrix, pastikan Anda memegang gitar Anda secara benar. Jika Anda menggunakan tangan kanan, Anda akan bermain gitar dengan memetik senar diantara lubang suara dan bridgedengan tangan kanan Anda dan menekan senar pada bagian neck dengan tangan kiri Anda.



-Untuk memainkan gitar Anda, duduk di secara tegak di kursi atau bangku. Ketika Anda mengarahkan gitar untuk tubuh Anda, senar terkecil harus berada dibawah dan senar tebal harus terpasang dibagian paling atas. Pegang bagian belakang gitar sehingga menyentuh perut dan dada dan bertumpu pada kaki dimana tangan Anda memetik senar


-Gitar harus ditahan dengan menggunakan kaki dan dipeluk oleh tubuh Anda. Tangan kiri Anda digunakan untuk menstabilkan neck dan fret. Tahanneck dengan tangan kiri berbentuk V yaitu dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Anda harus dapat lancar menggerakkan tangan kiri Anda ke atas dan ke bawah neck tanpa harus terganggu untuk menahan gitar


-Bahkan jika Anda bisa memegang gitar dengan benar, Anda mungkin merasa sedikit tidak nyaman saat Anda sedang membiasakan diri memainkan gitar. Jangan berkecil hati jika bahu, leher, lengan dan tangan Anda sakit. Anda pada akhirnya terbiasa memainkan gitar.


3.Tuning gitar. Memainkan gitar yang tidak selaras suaranya tidak akan menyenangkan serta dapat menyebabkan beberapa kebiasaan buruk ketika Anda pertama kali memulai. Tuning secara teratur juga akan membiasakan Anda dengan suara senar mana dan mengetahui kombinasi yang sesuai dengan nada



-Pertama–tama belajarlah mengetahui nama dari setiap senar. Dari nada terendah ke nada tertinggi (senar paling tebal hingga senar paling tipis) urutannya yaitu E, A, D, G, B, dan E (setelah tuner diputar saat senar dipetik tanpa jari menekannya). Gunakan singkatan hafalan untuk mengingat urutan ini, seperti E untuk Eddie, A untuk Ate, D untukDynamite, G untuk GOOD, B untuk Bye, dan E untukEddie


-Alat tuner sangat mudah untuk digunakan dan sangat akurat. Pegang gitar dan petik nada E. kemudian alat tuner akan memberi tahu jika gitar terlalu kencang (tinggi) atau terlalu datar (terlalu rendah). Atur setiap nada pada senar dan kencangkan senar untuk membuat nada tinggi dan kendurkan untuk memberikan nada rendah. Pastikan ruangan tenang ketika menggunakan alat tuner karena mikrofon di tuner dapat terganggu dengan suara lainnya.


-Jika Anda tidak mampu utnuk membeli alat tuner, Anda juga dapat mengatur setiap nada senar dengan cara mencocokkan setiap nada yang sesuai pada piano.


4.Belajar menekan senar pada fret. Fret adalah lembaran logam yang berdiri tegak lurus terhadap senar yang menandai setiap nada. Untuk memainkan nada, tekan jari Anda diantara baris logam, bukan pada bagian logamnya. Jika Anda diminta untuk memainkan fret ketiga berarti Anda harus menempatkan jari Anda pada senar diantara baris logam antara fret kedua dan ketiga. Tahan senar dengan kuat sehingga hanya bergetar di antara tangan yang menekan senar dan tangan yang memainkan gitar, takan dengan menggunakan ujung jari Anda.


-Setiap kali Anda berpindah dari satu fret ke fret yang lain, nada yang dihasilkan akan lebih tinggi saat Anda menekan senar ke arah body dan lebih rendah saat Anda menekan senar ke arah headstock.Belajarlah untuk bergerak naik dan turun padafretboard, tekan senar pada frets untuk merubah nada.


5.Memegang pick gitar. Sebuah pick atau plectrum (kleber) adalah sebuah plastik kecil yang digunakan untuk membuat sebuah nada dan memetik gitar. Alat itu murah harganya dan tersedia banyak di toko musik. Meskipun tidak penting untuk belajar bermain gitar dengan menggunakan pick, namun hal ini adalah cara yang baik pada saat belajar bermain gitar.


-Membuat kepalan tangan dengan tangan yang Anda gunakan untuk bermain gitar dan ibu jari Anda ditempatkan pada bagian atas dan jari lainnya menahan bagian bawah. Pegang pick dengan cara tegak lurus ke tangan Anda di antara ibu jari dan jari telunjuk, dengan jarak tidak lebih dari beberapa sentimeter dari ujung yang lebih kecil yang mencuat dari tangan Anda.

6 komentar: